KERUGIAN AKIBAT KEBENCIAN

KERUGIAN AKIBAT KEBENCIAN
Jalani hidup Anda dengan penuh kedamaian
KERUGIAN AKIBAT KEBENCIAN. Baik sadar ataupun tidak tahu, kebencian merupakan sifat yang sangat merusak, tidak hanya harga dirinya sendiri, namun juga keluarganya, lingkungannya, bahkan yang lebih luas lagi umat dan bangsa ini. kita akan kehilangan potensi kesuksesan yang kita miliki hanya karena kita terus memelihara sifat sangat tercela ini di hati kita.

Orang yang tetap larut dalam kebencian ini, waktunya hanya akan terkuras habis untuk berpikir buruk, merencanakan tindak-tindakan keji dan jahat, sedangkan waktunya tidak ada buat memikirkan hal-hal yang positif yang mendatangkan manfaat bagi dunia dan akhiratnya. Jiwanya lemah, susah dan selalu gelisah dan itu tampak jelas dari raut wajahnya yang tidak bisa disembunyikan. Kata-katanya juga kotor dan keji terdorong oleh kebencian yang dideritanya tersebut.

Akibatnya Tenaga yang dimilikinya pun lenyap dihabiskan untuk menyalurkan dendamnya yang tak pernah puas. Lenyap sudah tenaganya untuk berbuat kebajikan. Lahir batinnya pun tersika. Naudzubillahimindzalik!

Hal lain yang tak kalah ruginya adalah hilangnya ketenteraman bersama, hidup akan selalu tercekam ketakutan, tegang dan cemas. Semua kenikmatan yang ada tidak bisa dinikmati, pun kenikamatan yang Allah berikan kepada kita. Tidak ada lagi kenyamanan dalam belajar dan meraih ilmu, yang tentu semua ini amat merugikan masa depan siapa pun.

Juga tidak bisa lagi bekerja dengan baik dan tenang. Akibatnya penghasilan menjadi sulit didapat, kemampuan ekonomi menjadi sangat lemah, tak ada lagi biaya untuk makan dengan teratur, menjaga kesehatan dengan baik, dan inipun akan membuat tubuh semakin rentan terkena penyakit, baik oleh keterbatasan fisik maupun stres akibat situasi penuh permusuhan.

Pendidikan dalam keluarga pun menjadi tidak normal, bahkan tidak jarang nuansa kebencian dan kedamaian menjadi benih-benih kehancuran di masa yang akan datang. Dengan kata lain kebencian menimbulkan kehancuran lahir batin, diri maupun orang lain, bahkan dunia maupun akhirat.

Akankah hidup kita di atas dunia fana ini, harus kita warnai dengan kehinaan seperti ini? Jawabannya adalah tidak! Sudah seharusnya di dalam diri, kita tanamkan tekad yang kuat untuk menjalani hidup yang indah ini dengan penuh martabat, pengertian dan kedamaian, supaya hidup yang singkat ini berbuah barokah, bermanfaat pada diri dan orang lain. 

Artikel Selanjutnya: KEBENCIAN PENYEBAB KESENGSARAAN


Komentar