10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Imani


10 Nama Malaikat Allah  Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui Serta Imani


Salah satu kewajiban kita sebagai hamba Allah yang beriman (muslim) adalah menyakini para malaikat Allah sebagai yang terdapat dalam rukun iman, yakni percaya adanya para malaikat.

Dari sekian banyak malaikat yang ada, hanya ada 10 Malaikat yang wajib kita ketahui namanya dan imani.

Kesepuluh malaikat ini adalah malaikat yang berhubungan langsung dengan kehidupan manusia baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Silahkan Anda baca juga: Pengertian Akidah Islam.

Nama-nama malaikat dan tugasnya yang wajib kita ketahui dan imani itu, yakni:


1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril atau disebut juga Ruhul Qudus bertugas menyampaikan wahyu dari Allah swt. kepada para nabi dan Rasul. Dia juga bertugas meniupkan ruh pada setiap calon bayi dalam perut ibunya dan menemani Rasulullah saw. dalam perjalanan isra’ mi’raj.

Dan tugas utama Malaikat Jibril yang diberikan Allah kepada beliau adalah menyampaikan wahyu, sebagaimana disebutkan dalam dalil naqli berikut ini:

Artinya: “Tidak lain (Alquran itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), yang diajarkan oleh (Jibril) yang sangat kuat.” (QS. An-Najm: 4-5).

2. Malaikat Mikail

Mikail adalah malaikat yang bertugas membagikan rizki dari Allah swt. kepada semua makhluk, baik manusia, malaikat, jin, binatang, dan tumbuh-tumbuhan.

Rizki atau karunia dari Allah ini dapat berupa hujan, angin, tanaman, harta benda, kesehatan dan sebagainya.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala pertanda datangnya hari kiamat. Pada tiupan sangkakala pertama maka Allah Yang Maha Hidup lagi Maha Kuasa mematikan semua makhluknya, termasuk seluruh malaikat dan menghancurkan alam semesta, karena tidak ada yang kekal kecuali hanya Allah Yang Maha Kekal.

Untuk tiupan sangkakala yang kedua dengan kehendak-Nya, Israfil dihidupkan untuk melaksanakan tugasnya lagi meniup sangkakala, maka pada tiupan yang kedua ini maka berbangkitlah semua makhluk untuk dimintai pertanggungjawabannya selama hidup di dunia.

Lihatlah surat Yasin ayat 51 di bawah ini:

Artinya: “Dan ditiupkan sangkakala maka mereka tiba-tiba keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka”. (QS. Yasin : 51).

4. Malaikat Izrail

Malaikat ini merupakan momok yang sangat menakutkan bagi sebagian manusia. Malaikat Izrail adalah Malaikat Maut. Ia bertugas mencabut ruh pada diri makhluk ketika datang ajal mereka.

Perhatikan firman Allah swt. pada Q.S. Al-An’am ayat 61 berikut ini:

Artinya: “Dan Dialah yang memiliki kekuasaan yang tertinggi di atas semua hamba-Nya dan utusan-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami. Dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.” (Q.S. Al-An’am: 61).

5. Malaikat Raqib dan  6. Atid

Tugas dari kedua malaikat ini adalah mencatat semua amalan manusia selama hidup di atas dunia fana ini.
Setiap amalan baik yang dilakukan oleh manusia langsung dicatat oleh malaikat Raqib, sementara amalan buruk akan dicatat oleh malaikat Atid.

Kelak di hari kiamat catatan-catatan itulah yang harus dipertanggungjawabkan oleh manusia di hadapan Rabnya. Tiada satupun amal yang tidak dicatat oleh salah satu dari Raqib dan Atid, sebagaimana firman Allah swt. dalam Q.S. Qaaf ayat 18 berikut:

Artinya: “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Raqib dan Atid.” (Q.S. Qaf: 18).

7. Malaikat Munkar dan 8. Malaikat Nakir

Tugas dari Munkar dan Nakir yang dibebankan oleh Allah swt. kepada keduanya adalah mengajukan pertanyaan bagi ruh manusia di dalam kubur setelah dia meninggal dunia.

Pertanyaan yang ditanyakan oleh kedua malaikat ini kepada si mayit adalah mengenai Rabb (Tuhan) manusia, nabinya, kitab sucinya, dan sebagainya.

Pada fase ini, jika si mayit tidak bisa menjawab pertanyaan maka dia akan langsung mendapat azab kubur dan jika si mayit berhasil menjawab semua pertanyaan Munkar dan Nakir maka dia pun akan selamat, kuburnya di lapangkan dan diberikan kenikmatan dan kebahagian di dalam kuburnya.

Semoga Allah Yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang mengampuni semua keluarga kita dan sekalian kaum beriman baik laki-laki maupun perempuan yang sudah meninggal dan memelihara mereka dan kita dari siksa kubur dan siksa neraka. Aaminn yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Setelah manusia masuk ke alam barzakh ini maka terputuslah segala amalannya kecuali tiga perkara yaitu shadaqah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya.

9. Malaikat Malik

Kamu pernah mendengar ada malaikat Zabaniah, bukan? Nah malaikat Zabaniah itu adalah nama lain dari malaikat Malik.

Malaikat Malik memiliki tugas yaitu menjaga neraka. Malaikat ini adalah malaikat yang sangat kejam dan bengis. Dia menyiksa orang-orang kafir dan pendurhaka tanpa ampun dan tanpa belas kasihan. Karena Allah Ta’ala menghendakinya demikian.

Untuk itu Allah menciptakannya dalam keadaan buta dan tuli, agar dia tidak dapat melihat dan mendengar jeritan kesakitan orang-orang kafir dan durhaka yang disiksanya. Malaikat Malik akan terus menerus menyiksa tanpa henti dan tanpa lelah. Orang-orang kafir akan kekal di neraka dan mereka disiksa di dalamnya siang dan malam.

Oh Malik sangat menakutkan dan menyeramkan. Menyiksa orang-orang kafir dan durhaka adalah kesukaannya karena itu sebagai tanda ketaatannya terhadap perintah Allah Ta’ala. Kalau sudah begini alangkah sangat pantas bagi muslim untuk menjaga diri dan keluarga kita agar terhindar dari neraka, siksa dan penyiksanya.

Mari saudara sekalian hindarkan diri dan keluarga kita dari azab neraka seperti perintah Allah yang termaktub dalam Q.S. At-Tahrim ayat 6 di bawah ini.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).

10. Malaikat Ridwan

Tugas Malaikat Ridwan adalah menjaga surga yang penuh keberkahan dan karunia Allah. Malaikat Ridwan berbeda jauh dengan Malaikat Malik. Ridwan diciptakan sebagai malaikat yang berparas indah dan bertutur kata yang baik. Surga diperuntukkan bagi orang yang beriman dan bertakwa.

Lihat firman Allah berikut ini:

Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”. (Q.S. Az-Zumar: 73).


Lihat juga: Perilaku Yang Mencerminkan Keimanan

Demikianlah ke 10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Untuk Kita Imani. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita sekalian. Aamiin.

Disqus Comments