SIFAT-SIFAT MALAIKAT ALLAH SWT


SIFAT-SIFAT MALAIKAT ALLAH SWT


Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai sifat-sifat Malaikat Allah swt ini, ada baiknya kita mengulangi materi sebelumnya untuk menyegarkan ingatan kita.

Ketahuilah Malaikat itu terbuat dari cahaya sebagaimana telah diungkapkan oleh Rasulullah dalam sabda beliau, yaitu: “Malaikat telah diciptakan dari cahaya”.

Malaikat diciptakan oleh Allah swt dari nur (cahaya). Bersifat kuat perkasa, sangat tunduk dan taat dengan apa yang telah diperintahkan Allah kepada mereka. Sesuai dengan namanya malak (kekuatan). Malak adalah asal kata dari kata malaikah. Mereka adalah hamba Allah yang tidak pernah berdosa.

Malaikat atau Malaikah (jamak dari malak) disebut juga ar-rusul yang berarti para utusan Allah swt. karena mereka inilah yang diutus oleh Allah sesuai dengan tugas masing-masing.

Bilangan jumlah malaikat banyak sekali, hanya Tuhan saja yang tahu berapa jumlahnya. Namun ada 10 malaikat yang wajib harus kita ketahui namanya dan tugas-tugasnya. Kesepuluh malaikat ini bersentuhan langsung dengan manusia.

Baca juga: 10 Malaikat Utama dan Tugasnya.

Merekalah yang melaksanakan tugas-tugas paling besar dari Allah dari pada sekian banyak malaikat yang lain. 

Iman kepada para malaikat adalah termasuk di antara rukun iman yang harus diimani oleh setiap muslimin dan muslimat.

Iman kepada malaikat berarti menyakini adanya para malaikat itu dan mereka pun merupakan ciptaan dari Allah swt yang tidak dapat kita lihat karena malaikat adalah bagian dari makhluk Allah yang ghaib. Hanya para nabi dan rasul serta orang-orang tertentu dari wali Allah saja yang dikehendaki Allah untuk melihat mereka.


Adapun sifat-sifat dari para malaikat tersebut adalah sebagai berikut:



1. Selalu bertawadu’ dan rendah hati.

Sesuai dengan yang diterangkan dalam Al-Quran Surat An-Nahl ayat 49 berikut ini.

“Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.” (Q.S. An-Nahl: 49).

2. Selalu takut dan taat kepada Allah swt.

Mereka sama sekali tidak pernah mendurhakai perintah Allah. Tidak pernah maksiat, hidup mereka hanyalah selalu taat kepada-Nya. Lihat firman Allah berikut:

Malaikat tidak pernah mendurhakai Allah

“Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”  (Q.S. At-Tahrim: 6).

3. Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.

Hal ini dinyatakan Allah dalam firman-Nya:

Mereka senantiasa bertasbih siang dan malam

Mereka (malaikat) selalu bertasbih (beribadah kepada Allah) pada waktu malam dan siang hari tiada henti-hentinya.” (Q.S. Al-Anbiyaa: 20).

4. Selalu bersujud kepada Allah.


“Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama.” (Q.S. Al-Hijr: 30).

5. Suci dari sifat-sifat  manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, minum, tidur, berdebat, bercanda, tidak memiliki jenis kelamin dan lainnya.

Lihat firman Allah di bawah:

Para malaikat jauh berbeda dengan manusia dan jin

“Lalu Ibrahim mendekatkan hidangan kepada mereka (Malaikat), lalu berkata, “Silahkan Anda makan.” (Tetapi mereka tidak mau makan), karena itu Ibrahim merasa takut kepada mereka. Mereka berkata, “Janganlah kamu takut.” Dan mereka memberi kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang alim (Ishaq)”. (Q.S. az-Zariyat: 27-28).

6. Malaikat memiliki sifat malu. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis Baginda Rasulullah berikut ini.

Nabi Muhammad saw. bersabda: “Bagaimana aku tidak malu terhadap seorang laki-laki yang malaikat pun malu terhadapnya”. (H.R. Muslim).

7. Terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.

Nabi saw bersabda: “Barang siapa makan bawang putih, bawang merah, dan bawang bakung janganlah mendekati masjid kami, karena malaikat merasa sakit (terganggu) dengan hal-hal yang membuat manusia pun merasa sakit”. (H.R. Muslim).

8. Memiliki kemampuan untuk mengubah wujudnya dalam bentuk yang sempurna.

Malaikat sanggup menjelma menyerupai makhluk lainnya.

“Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dan keluargannya ke suatu tempat di sebelah timur. Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.” (Q.S. Maryam: 16-17).

9. Memiliki kekuatan luar biasa dan kecepatan cahaya.

Sebagaimana firman Allah sebagai berikut:

Malaikat kuat menghancurkan bumi dan isinya.

“Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi.” (Q.S. Hud: 82).

10. Berasal dari cahaya (nur).

Malaikat diciptkan oleh Allah dari cahaya, sebagaimana sabda Rasulullah saw berikut:

“Malaikat-malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api.” (H.R. Muslim).

Selain sifat-sifat malaikat yang telah kita sebutkan di atas, maka yang menjadi sifat malaikat yang lainnya adalah ada malaikat yang diciptakan oleh Allah swt bertugas untuk senantiasa memintakan ampunan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah swt, dan para malaikat  kelak memberi salam kepada ahli surga. 

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sajikan berkaitan dengan sifat-sifat malaikat Allah swt semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda suka silahkan share ke teman-teman. Terima kasih.

Disqus Comments