Periode 5 Pemerintahan Daulah Abbasiyah

Periode 5 Pemerintahan Daulah Abbasiyah
Periode Kelima ini dari pemerintahan Daulah Abbasiyah ini berlangsung pada tahun 590 H/1199 M – 656 H/1258 M, dan ini merupakan periode yang terakhir dari suatu kekhalifahan Islam yang dipimpin atau diperintah oleh bani Abbas. Baca artikel sebelumnya Periode 4 Pemerintahan Abbasiyah.
 
Pada periode ini, khalifah Abbasiyah tidak lagi berada di bawah kekuasaan suatu dinasti tertentu. Mereka merdeka dan berkuasa, tetapi hanya di Baghdad dan sekitarnya. Sempitnya wilayah kekuasaan khalifah menunjukkan kelemahan politiknya. Pada masa inilah datang tentara Mongol dan Tartar menghancur luluhkan Baghdad tanpa perlawanan pada tahun 656 H/1258 M.
 
Faktor-faktor yang membuat Daulah Abbasiyah menjadi lemah dan kemudian hancur dapat dikelompokkan menjadi faktor-faktor intern dan faktor-faktor ekstern. 

Di antara faktor-faktor intern adalah (a) adanya persaingan tidak sehat antara beberapa bangsa yang terhimpun dalam Daulah Abbasiyah, terutama Arab, Persia, dan Turki, (b) adanya komplik aliran pemikiran dalam Islam yang sering menyebabkan timbulnya konflik berdarah, (c) munculnya dinasti-dinasti kecil yang memerdekakan diri dari kekuasaan pusat Baghdad, dan (d) kemerosotan ekonomi akibat kemunduran politik. 

Adapun faktor ekstern, antara lain, adalah: (a) perang salib yang terjadi dalam beberapa gelombang, dan (b) hadirnya tentara Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan. Yang terakhir inilah yang secara langsung menyebabkan hancurnya Daulah Abbasiyah dan menguasai kota Baghdad.

Demikianlah akhir dari sejarah kekhalifahan atau pemerintahan daulah Abbasiyah yang pernah berjaya lama dalam perkembangan sejarah Islam. Terima kasih dan semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita tentang Islam.

====================
Sumber Tulisan
Ensiklopedi Islam 1
Penerbit : PT Ichtiar Baru Van Hoeve Jakarta
Cetakan Kesembilan, 2001  


Komentar