Pengertian Hadits

Berikut adalah pengertian hadits dari berbagai segi atau sudut pandang masing-masing disiplin ilmu.
Pengertian hadits dari segi etimologi (bahasa), Hadits berasal dari bahasa Arab الحديث (al-Haditsu) yang memiliki makna baru, dekat, cerita, dan riwayat dari Nabi Muhammad saw.

Pengertian hadits dari segi istilah

Menurut istilah ahli hadits, hadits adalah segala ucapan Nabi saw, segala perbuatan beliau, dan segala keadaan beliau.

Sedangkan menurut ahli ushul hadits, hadits adalah segala perkataan, segala perbuatan, dan segala ketetapan Nabi saw. yang bersangkut paut dengan hukum.

Adapun pengertian hadits menurua ahli ilmu hadits adalah sebagai berikut 

Hadits adalah suatu ilmu yang menerangkan segala yang dinukilkan atau disandarkan kepada Nabi saw. baik berupa perkataan ataupun perbuatan, penetapan, maupun sifat.

Hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an. Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur’an Surah al-Hasyr ayat 7 sebagai berikut.

Artinya: “Apa yang diberikan rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah”.

Dalam ayat lain Allah Swt. berfirman sebagai berikut.

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. (QS. al-Ahzab : 21)

Kesimpulan


Dari berbagai macam definisi hadits yang telah kita kutip di atas tadi, maka dapatlah kita simpulkan bahwa Hadits adalah segala ucapan, perbuatan, dan takrir atau penetapan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw. 

Demikianlah pengertian hadits yang dapat kami paparkan pada kesempatan pagi ini. Semoga bermanfaat.