Fungsi Hadis

Fungsi Hadis - Seperti yang telah kita sebutkan di artikel sebelumnya tentang pengertian hadis, sumber hukum Islam yang kedua setelah Al-Qur’an adalah hadis. Maksudnya selain Al-Qur’an, hadis digunakan juga sebagai pengambilan suatu hukum (dalil) dalam berbagai permasalahan yang menyangkut atau dihadapi oleh umat Islam.

Hadis berfungsi menguraikan segala sesuatu yang disampaikan dalam Al-Qur’an secara global, samar, dan singkat. Berikut ini beberapa fungsi hadis terhadap Al-Qur’an.

1. Hadis menguatkan hukum-hukum yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an

Sebagai contoh, dalam Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran: 102 disebutkan bahwa: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

Adapun ayat tersebut dikuatkan dengan hadis yang diriwayatkan oleh Tirmizi berikut: “Bertakwalah kepada Allah di mana pun kalian berada. Ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya (kebaikan itu) akan menghapus (keburukan)nya. Pergaulilah manusia dengan baik.” (HR. Tirmizi)

2. Hadis menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang masih bersifat mujmal (umum)

Dalam Al-Qur’an terdapat perintah salat namun tidak menjelaskan tata cara salat, adapun hadis yang menjelaskan tata cara salat yang dicontohkan Nabi Muhammad saw.

3. Hadis membatasi keumuman dalam Al-Qur’an

Sebagai contoh, dalam Al-Qur’an terdapat perintah melaksanakan salat Jumat namun tidak dibatasi siapa saja yang berkewajiban untuk melaksanakannya. Hadis yang disampaikan Nabi Muhammad saw. memberikan batasan orang-orang yang berkewajiban melaksanakan ibadah salat Jumat dan orang-orang yang tidak berkewajiban melaksanakannya.

4. Hadis menetapkan hukum-hukum yang belum ada dalam Al-Qur’an untuk memecahkan permasalahan hidup manusia

Ada beberapa permasalahan yang tidak ditetapkan dalam Al-Qur’an. Sebagai contoh keharaman binatang buas. Keharaman binatang buas tidak dijelaskan dalam Al-Qur’an, Nabi Muhammad saw. memberikan penjelasan tentang hal tersebut dalam hadisnya.