Fungsi Al-Qur'an

Fungsi Al-Qur'an




Fungsi Al-Qur'an - Telah dijelaskan di dalam beberapa surat dari Al-Qur’an berbagai fungsi Al-Qur’an, di antaranya di dalam surah al-Baqarah ayat 185 dan surah Ibrahim ayat 1, sebagai berikut:


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185)

Menurut Ayat tersebut, fungsi Al-Qur’an ada tiga macam, yaitu:

1. Sebagai hudan atau petunjuk bagi umat manusia
2. Sebagai bayyinah atau penjelas dari petunjuk tersebut
3. Sebagai furqan atau pembeda antara yang benar dan yang batil.

الر كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِ رَبِّهِمْ إِلَى صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

Artinya: “Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji”. (QS. Ibrahim: 1)

Secara umum Al-Qur’an memiliki fungsi bagi manusia sebagai berikut:

1. Sebagai petunjuk bagi kehidupan manusia agar hidupnya senantiasa berada di jalan Allah Swt.
2. Merupakan nikmat bagi orang yang beriman.
3. Sebagai kabar gembira bagi orang-orang yang beriman karena Allah Swt. menjanjikan balasan keimanannya dengan nikmat surga.
4. Sebagai peringatan bagi orang-orang kafir karena Allah Swt menjanjikan balasan kekafirannya dengan kesengsaraan di neraka.
5. Sebagai pendidikan moral yang sempurna karena di dalamnya terdapat kisah-kisah umat terdahulu yang dapat dijadikan pelajaran dalam memilih jalan kehidupan.

Baca juga: Pengertian Al-Qur'an.