18 KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MEMBACA AL-QUR'AN

Berikut ini beberapa keutamaan mempelajari dan membaca Al-Qur'an, yang admin ambil dari buku Nasihat Nabi kepada Pembaca dan Penghafal Qur'an, karya H. Ali Mustafa Yaqub.

1. Manusia yang Paling Baik adalah yang Mempelajari dan Mengajarkan Al-Qur'an

Dalil:

 Dari 'Usman bin 'Affan ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya". 
(Hadits shahih, riwayat Al-Bukhari, Abu Dawud, Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Darimi).

2. Al-Qur'an Akan Memberikan Syafa'at Kepada Pembacanya

Dalil:

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, ia berkata, "Bacalah Al-Qur'an. Karena ia pada hari kiamat nanti akan datang untuk memberikan syafa'at kepada para pembacanya".
(Hadits Shahih, riwayat Muslim).

3. Membaca Al-Qur'an Adalah Ibadah yang Paling Utama

Dalil:

Dari Al-Nu'man bin Basyir ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Yang paling utama dari ibadah ummatku adalah membaca Al-Qur'an". 
(Hadits dha'if, riwayat Al-Baihaqi dalam kitab 'Syu'ab Al-Iman).

4. Pahala Membaca Satu Huruf Al-Qur'an Sama dengan Satu Amal Kebajikan

Dalil:

Dari 'Abdullah bin Mas'ud ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka ia akan memperoleh pahala satu amal kebajikan, dan pahala satu amal kebajikan dilipatkan sepuluh kali. Saya tidak mengatakan bahwa 'Alif-lam-min' itu satu huruf, tetapi 'alif' adalah satu huruf, 'lam' adalah satu huruf, 'mim' pula satu huruf". 
(Hadits riwayat At-Tirmidzi dan Al-Darimi. Menurut Al-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih).

5. Orang yang Pandai Membaca Al-Qur'an Akan Bersama Para Malaikat

Dalil:

Dari 'Aisyah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang membaca Al-Qur'an dan ia pandai (hafal) dalam membacanya, ia akan bersama para malaikat yang menjadi utusan, yang mulya lagi suci. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an tetapi ia terbata-bata kesulitan, serta kesukaran dalam membacanya, ia akan memperoleh dua pahala".
(Hadits shahih, riwayat Al-Bukhari, Muslim, Al-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Al-Darimi).

6. Membaca Al-Qur'an Adalah Berkomunikasi Dengan Allah

Dalil:

Dari Anas ra, bahwa Rasulullah SAW brsabda, "Apabila di antara kalian ada yang senang berkomunikasi dengan Tuhannya, maka hendaknya ia membaca Al-Qur'an".
(Hadits dha'if, riwayat Al-Khatib Al-Baghdadi dalam kitab Tarikh Baghdad, dan Al-Dailami dalam kitab Muslinad Al-Firdaus).

7. Orang yang Tidak Membaca Al-Qur'an Ibarat Rumah yang Rusak

Dalil:

Dari Ibnu 'Abbas ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang di dalam dadanya tidak ada Al-Qur'an sama sekali, tak ubahnya seperti rumah yang rusak".
(Diriwayatkan oleh Al-Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal, Al-Hakim, dan Al-Dailami. Menurut Al-Tirmidzi, hadits ini hasan shahih).

8. Mu'min yang Membaca Al-qur'an Ibarat Buah Jeruk, Baunya Harum dan Rasanya Manis

Dalil:

Dari Abu Musa AL-Asy'ari ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Orang mu'min membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isinya, ibarat buah jeruk manis, rasanya enak dan baunya harum. Sedangkan orang mu'min yang tidak membaca Al-Qur'an tetapi mengamalkan isinya, ibarat buah kurma, rasanya enak dan manis tetapi tidak ada baunya. Ada pun perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an, maka ibarat minyak wangi, baunya harum tetapi rasanya pahit. Sedangkan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an, ibarat buah kamarogan, rasanya pahit dan baunya busuk".
(Hadits shahih riwayat Al-Bukhari, Muslim, Al-Tirmidzi, Abu Dawud, Al-Nasai, Ibnu Majah, Al-Darimi, dan Ahmad).

9. Orang yang Membaca Al-Qur'an Ibarat Minyak Wangi, Baunya Harum di mana-mana

Dalil:

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Pelajarilah Al-Qur'an dan bacalah, serta tidurlah kalian. Sebab perumpamaan Al-Qur'an dan orang yang mempelajarinya kemudian ia mau membacanya, ibarat suatu bejana yang penuh berisi minyak wangi di mana baunya selalu semerbak di mana-mana. Sedangkan perumpamaan orang yang mempelajari Al-Qur'an tetapi ia tidur saja. Al-Qur'an hanya di dadanya saja (tidak dibaca), maka hal itu ibarat bejana yang berisi minyak wangi tetapi tutupnya diikat rapat-rapat".
(Hadits hasan, Riwayat Ibnu Majah, Al-Tirmidzi, Al-Nasai, dan Ibnu Hibban).

10. Dua Hal yang Selalu Diingini Orang, Antara lain Membaca Al-Qur'an.

Dalil:

Dari Ibnu 'Umar ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hal yang selalu diingini oleh seseorang, selalu dua perkara. Yaitu seorang yang dianugerahi kemampuan untuk membaca atau menghafal Al-Qur'an dan ia selalu membacanya siang dan malam. Dan seorang yang dianugerahi harta dan ia selalu mendermakannya siang dan malam".
(Hadits shahih, Riwayat Al-Bukhari, Muslim, dan Al-Tirmidzi).

11. Bacaan Al-Qur'an Mendatangkan Rahmat dan Ketenteramana.

Dalil:

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada orang-orang yang berkumpul disalah satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an, kecuali mereka akan memperoleh ketenteraman, diliputi rahmat, dikitari oleh para malaikat, dan nama mereka disebut-sebut oleh Allah di kalangan malaikat".
 (Hadits shahih, Riwayat Muslim, Al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Abu Dawud).

12. Rumah yang Tidak Dipakai Untuk Membaca Al-Qur'an Banyak Kejelekannya.

Dalil:

Dari Ibun 'Umar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah membaca Al-Qur'an di rumah-rumah kalian. Sebab rumah yang tidak pernah dipakai untuk membaca Al-Qur'an akan sedikit kebaikannya dan banyak keburukannya, serta penghuninya akan selalu dalam kesusahan".
(Hadits dha'if, Riwayat Al-Tabrani dalam kitab Al-Mu'jan Al-Kabir).

13. Mempelajari Satu Ayat Al-Qur'an lebih Baik Daripada Salat Seratus Rakaat.

Dalil:

Dari Abu Dzarr ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadanya, "Wahai Abu Dzarr. Kamu pergi untuk mempelajari satu ayat Al-Qur'an itu lebih baik daripada kamu shalat seratus rekaat".
(Hadits hasan, Riwayat Ibnu Majah).

14. Sibuk Membaca Al-Qur'an Mendatangkan Anugerah Allah yang Paling Besar

Dalil:

Dari Abu Sa'id Al-Khudri ra, dari Nabi SAW, beliau bersabda bahwa Allah SWT berfirman, "Barangsiapa selalu membaca Al-Qur'an dan dzikir kepada-Ku, maka ia akan Kuberi anugerah yang paling baik, yang diberikan kepada orang-orang yang memohon kepada-Ku".
(Hadits hasan, Riwayat Al-Tirmidzi, Al-Darimi, dan Al-Baihaqi).

15. Hadiah Khusus Bagi Orangtua yang Anaknya Membaca Al-Qur'an dan Mengamalkan Isinya.

Dalil:

Dari Mu'adz bin Anas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isinya, maka kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat nanti Allah akan memakaikan mahkota. Cahaya mahkota itu lebih bagus daripada sinar matahari di dunia. Kalau demikian halnya, maka pahala apakah gerangan yang dianugerahkan kepada yang mengamalkan Al-Qur'an itu sendiri?"
(Hadits dha'if, Riwayat Abu Dawud).

16. Dengan Al-Qur'an Allah Mengangkat Derajat Seseorang atau Merendahkannya.

Dalil:

Dari 'Umar bin Al-Khattab ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT dengan kitab Al-Qur'an ini mengangkat derajat sekelompok orang, dan merendahkan derajat sekelompok yang lain".
(Hadits shahih, Riwayat Muslim, Ibnu Majah, dan Al-Darimi).

17. Hiasilah Al-Qur'an Dengan Suara Kalian

Dalil:

Dari Al-Bara' bin 'Azib, ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Hiasilah Al-Qur'an dengan suara kalian".
(Hadits shahih, Riwayat Abu Dawud, Al-Nasai, Ibnu Majah, Al-Darimi, Ahmad, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).

18. Suara yang Indah Akan Menambah Keindahan Al-Qur'an.

Dalil:

Dari Al-Bara' bin 'Azab ra, ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Perindah Al-Qur'an itu dengan suara kalian, sebab suara yang indah itu akan menambah keindahan Al-Qur'an".
(Hadits hasan, RIwayat Al-Darimi, dan Al-Hakim dalam kitabnya Al-Mustadrak).


Komentar