PERIODE 3 KEKHALIFAHAN ABBASIYAH



Periode 3 Kekhalifahan Abbasiyah. Periode ke 3 ini berlangsung sekitar tahun 334 H/945 M - 447 H/1055 M). Pada periode ini, Daulah Abbasiyah berada di bawah kekuasaan Bani Buwaihi. Keadaan khalifah lebih buruk dari masa sebelumnya, terutama karena Bani Buwaihi adalah penganut aliran Syiah. Khalifah tidak lebih sebagai pegawai yang diperintah dan diberi gaji. 

PERIODE 3 KEKHALIFAHAN ABBASIYAH
Bani Buwaihi membagi kekuasaannya kepada tiga bersaudara: Ali untuk wilayah bagian selatan negeri Persia, Hasan untuk wilayah bagian utara, dan Ahmad untuk wilayah al-Ahwaz, Wasit, dan Baghdad. Dengan demikian, Baghdad pada periode ini tidak lagi merupakan pusat pemerintahan Islam karena telah pindah ke Syiraz di mana berkuasa Ali bin Buwaihi yang memiliki kekuasaan Bani Buwaihi.

Meskipun demikian, dalam bidang ilmu pengetai huan Daulah Abbasiyah terus mengalami kemajuan pada periode ini. Pada masa inilah munculnya pemikir-pemikir besar seperti al-Farabi (870 – 950), Ibnu Sina (980 – 1037), al-Biruni (973 – 1048), Ibnu Maskawaih (930 – 1030), dan kelompok studi Ikhwan as-Safa. Bidang ekonomi, pertanian, dan perdagangan juga mengalami kemajuan. Kemajuan ini juga diikuti dengan pengunan kanal masjid dan rumah sakit.

Pada masa Bani Buwaihi berkuasa di Baghdad, telah terjadi beberapa kali kerusuhan aliran antara Ahlusunah dan Syiah, pemberontakan tentara, dan sebagainya.

Baca Juga :



Komentar