8 Macam Bencana Akibat Dengki

8 Macam Bencana Akibat Dengki

Dendam dengki mengakibatkan 8 macam bencana :

  1. Membinasakan amal taat, menunjuk hadis dari Abu Hurairah ra., Nabi saw, bersabda : "Hindarilah olehmu rasa dengki/hasud, sebab ia dapat membinasakan segala kebaikan, tidak bedanya seperti api melahap kayu bakar, atau rumput", yakni mengakibatkan kufur. 
  2. Menjadi faktor pendorong laku maksiat, sebab di dalamnya tidak sepi dari menggunjing, bohong, mencela dan mencaci maki seperti adat yang berlaku. Dari Dlamrah bin Tsa'labah, ia berkata: "Manusia selalu dalam kebaikan, sepanjang tidak mendendam hasud.dengki. 
  3. Terhalang memperoleh syafa'at. Dari Abdullah bin Bisyar, Nabi saw. bersabda : "Bukan umatku, orang yang mendendam dengki, suka adu domba dan berilmu dukun, sebaliknya akupun bukan golongan mereka." kemudian beliau membaca ayat berikut : "Orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin pria atau wanita tanpa salah yang mereka perbuat, maka seseungguhnya mereka telah berbuat bohong dan dosa yang nyata". (Al-Ahzab 58)
  4. Masuk neraka (Dailami). 
  5. Berbuat suatu pekerjaan yang mengakibatkan orang celaka, maka logislah, Allah memerintahkan supaya manusia mohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan orang yang hasud.dengki ketika ia melampiaskan dendam dan dengkinya, sebagaiman kita disuruh berlindung kepada-Nya dari kejahatan setan terkutuk. 
  6. Ditimpa kesukaran yang tiada guna, bahkan mengakibatkan ia menanggung dosa dan maksiat. 
  7. Buta mata hatinya, sehingga sulit mempelajari pengertian hukum/syariat agama Allah Swt. 
  8. Menjadi terhalang berbuat kebaikan dan terjerumus dalam jurang kehinaan, sehingga sulit mencapai sukses tujuan, malahan menolong musuhnya. "Pendendam dengki tidak mungkin menjadi tuan".(Baca juga : Usaha Menghilangkan Penyakit Dengki Dari Dalam Hati). 


Komentar