Komentar Ilmuwan Barat Tentang Kehebatan Alquran

Berikut ini, beberapa komentar ilmuwan Barat tentang kehebatan Alquran :

Komentar Ilmuwan Barat Tentang Kehebatan Alquran
DR. Maurice Bucchaeli
Dr. Maurice Bucchaeli, seorang dokter ahli bedah dan cendekiawan kenamaan dari Prancis mengatakan, “Alquran adalah kitab paling sempurna yang disampaikan Tuhan kepada seluruh manusia.”

Bosworth Smith, seorang ilmuwan Inggris ternama, dalam buku The Life of Muhammad, menyatakan, “Salah satu keistimewaan dalam sejarah manusia yang tidak pernah bisa dicapai oleh manusia lain adalah fenomena Muhammad yang dalam satu periode berhasil merintis tiga hal paling agung dan tindakan paling mulia. Ia adalah penyokong umat, kekuasaan pemerintah, dan agama. 

Padahal, ia adalah seorang yang buta huruf. Kendati tidak memiliki kemampuan tulis – baca, ia datang membawa kitab berisi ayat-ayat yang mengandung nilai-nilai sastra yang tinggi, mencakup kumpulan hukum, ajaran tentang shalat dan juga agama sekaligus.”

Menurut Gibbon, Alquran dapat diterapkan dalam hukum Samudera Aquainus Atlantik hingga sungai Lujanis. Sebab, Alquran tidak hanya membicarakan pokok-pokok agama, melainkan juga sumber hukum yang meliputi hukum pidana dan perdata, serta hukum lain yang berkenaan dengan setiap segi kehidupan umat manusia. 

Hukum yang terkandung dalam Alquran merupakan konvensi hukum yang paling sempurna. Ajaran yang dibawa Muhammad bersifat menyeluruh bagi seluruh manusia. Hukum-hukumnya bersifat universal – meliputi urusan-urursan yang besar hingga yang kecil. 

Inilah ajaran yang menggucangkan dunia dengan hukum-hukumnya. Alquran adalah sumber dan sekaligus metode hukum. Belum ada seorang oun yang mampu menyamainya di jagad ini.”

Carlyle berujar, “Alquran adalah kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya. Isayarat kebenaran, keagungan, dan ketulusan etekad termasuk diantara keunggulan Alquran yang dapat saya tangkap. Alquran adalah keutamaan paling utama dan sekaligus terakhir.

Di dalamnya terkandung beragam jenis hukum. Sebauah kitab yang – menukil salah satu ayatnya – bisa dikatakan, ‘Berlombalah, wahai para pesaing,’ karena begitu banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya.”

Komentar Dr. M. Ahnu, konsulat Jepang untuk mesir, lain lagi. Ia menyatkan, “Bila kaum Muslim di belahan Timur maupun Barat berpegang teguh dengan apa yang terkandung dalam Alquran, kemajuan peradaban mereka pasti akan segera tercapai, baik dalam kehidupan sosial, budaya, agama, maupun politik.

Alquran merekomendasikan seluruh hukum terdahulu hingga yang paling kontemporer sekalipun. Inilah sebuah kitab universal yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di seluruh pelosok dunia.

Kata Ahnu lagi, melalui Alquran terjemahan bahasa Inggris, saya mencoba menelaah seluruh kandungan Alquran.  Betapa saya mengagumi kandungannya yang juga berisi hukum-hukum dan berbagai aturan kemasyarakatan.

Lebih kagum lagi ketika melihat kepedulian umat Islam pada ajaran agamanya yang begitu tinggi. Seandainya mereka terus menyandarkan diri pada Alquran , tidak diragukan lagi bahwa mereka bisa menggapai apa yang mereka harapkan.”

Edmund Burk, seorang ahli hukum adal Inggris, berpendapat bahwa undang-undang yang dibawa Muhammad adalah aturan menyeluruh yang mengatur seluruh lapisan manusia – mulai dari raja hingga rakyat jelata.

Alquran merupakan kodifikasi hukum yang mengatur sistem peradilan, sistem perundang-undangan yang sangat agung yang tidak ada dalam undang-undang mana pun di dunia ini.

Gowth mengatakan, “Setiap kali pandangan kami tertuju pada Alquran, ada semacam rasa takut bercampur khawatir. Namun, dari rasa inilah kami merasakan sensibilitas yang tidak kami dapatkan dalam kitab-kitab lainnya.

Alquran memang termasuk kitab suci yang memiliki kepekaan dan perasaan yang agung. Alquran menghidupkan dan mempengaruhi jiwa pembacanya dalam stiap generasi dan zaman.”

David Burt menyatakan bahwa Alquran merupakan aturan sosial kemasyarakatan, hukum perdata, perdagangan, undang-undang perang, sistem pemerintahan dan, di atas segalanya, juga undang-undang langit yang agung.

Dalam pandangan William Muir, seluruh keterangan Alquran bersifat alami dan membuktikan adanya pertolongan Allah atas manusia.

Sementara itu, Gibbon berpendapat bahwa hukum Islam adalah hukum yang universal – mencakup berbagai macam hukum dari ujung kepala hingga telapak kaki, karena ia berdiri di atas kebijaksanaan yang dihasilkan oleh akal yang paling luas ilmu dan pengetahuannya tentang kehidupan manusia.

Menurut Bernard Shaw, kerajaan Inggris harus mengikuti hukum Islam sebelum abad ini berakhir. Seandainya Muhammad diutus pada zaman modern yang sarat dengan ajaran diktatorisme, ia pasti sepenuhnya berhasil mengeluarkan manusia dari krisis global ini dan mengayomi manusia menuju kesejahteraan dan perdamaian.

Demikianlah beberapa kesaksian para ahli dari Barat  tentang kebenaran dan keutamaan kitab suci Al-quran turun dari Allah yang Maha Mulia untuk seluruh umat manusia.

  
Sumber:

Rahasia-Rahasia Ibadah – by. Syaikh Ali Ahmad al-Jurjawi.


Komentar