JANGAN MEREMEHKAN DOSA SEKECIL APAPUN

JANGAN MEREMEHKAN DOSA SEKECIL APAPUN


Jangan Pernah Meremehkan Dosa - Sebagai manusia yang diciptakan dalam keadaan lemah dan juga cepat berkeluh kesah menyebabkan manusia selalu saling menjalin hubungan sesuai dengan tingkat pada tataran kebutuhan mereka.

JANGAN MEREMEHKAN DOSA SEKECIL APAPUN

Dalam berbagai pergaulan ini tentunya terjadi beberapa perselisihan dan pertentangan yang menyebabkan timbulnya ketidak harmonisan. Pertentangan ini mungkin juga bisa terjadi tanpa disadari oleh manusia.

Menyakiti perasaan orang lain dalam bentuk apapun jelas merupakan perbuatan yang dapat menyebabkan orang yang berbuat itu menanggung dosa. 

Pola pikir yang terbentuk selama proses pergaulan dan penyerapan ilmu pengetahuan yang terbentuk dari luar dirinya, terkadang atau bahkan sering kali menyebabkan manusia terjerumus menentang dan membantah apa-apa yang sudah menjadi ketetapan Allah SWT dan Rasul-Nya. 

Jelas perbuatan ini dosa besar yang dapat menyebabkan pembantah-pembantah tersebut menjadi kufur.

Tingkatan dosa yang timbul sebagai efek pergaulan inipun bermacam-macam, ada yang dikelompokkan sebagai dosa-dosa kecil dan ada yang tergolong ke dalam kelompok-kelompok dosa besar, seperti membunuh, berzina, dan bermabuk-mabukkan.

Sangat penting untuk kita pahami, semua dosa itu, baik dia kecil maupun dia besar adalah kemaksiatan yang pastinya mendapat siksa, kecuali jika Allah yang Maha Pemurah dan Maha Pengampun menghendakinya lain. Siksa yang diterima bagi pelaku dosa juga bertingkat-tingkat sesuai dengan kecil – besarnya dosa yang dilakukan.

Karena itu, tidak sepatunya manusia meremehkan dosa sekecil apapun. Ketahuilah, sikap meremehkan seperti itu merupakan bentuk kesombongan yang tidak patut untuk dilakukan sebagai seorang hamba yang sangat lemah dan memiliki ketergantungan yang sangat besar di hadapan Allah SWT.

Sebab lain kenapa manusia tidak boleh meremehkan dosa-dosa walau itu hanyalah dosa kecil menurut anggapan manusia, sebab setiap orang yang melakukan kemaksiatan berarti ia meninggalkan perintah Allah dan meninggalkan perintah Allah adalah suatu persoalan yang besar, sebab hak Allah untuk ditaati adalah demikian besarnya.

Hal-hal itulah yang harus dipahami oleh setiap orang beriman yang menghendaki kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat kelak, bahwa kita tidak boleh memiliki sikap meremehkan terhadap kemaksiatan-kemaksiatan tersebut.

Adapun dosa-dosa yang terlanjur dilakukan, disengaja maupun tidak, kecil atau besar, maka Allah Maha Pengampun dan mintalah magfirah-Nya selalu setiap saat serta balaslah dosa-dosa itu dengan memperbanyak perbuatan baik dan amal salih. 

Sebab Rasul-Nya sendiri, Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang maksum (bebas dari dosa) memohon ampunan setiap harinya sebanyak 70 kali kepada Allah Ta’ala dan pada riwayat yang lain 100 x sehari. Apakah kita yang tidak lepas dari tanggungan dosa-dosa ini, walaupun dosa kecil, tidak pantas memohon ampun lebih banyak dari itu setiap harinya?


Demikianlah, semoga artikel yang berjudul Jangan Meremehkan Dosa Sekecil Apapun ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi penulis di dunia dan di akhirat. Aamiin.