Pengertian Hadas dan Macam-Macamnya

Pengertian Hadas dan Macam-Macamnya

Pengertian hadas 


Pengertian hadas menurut bahasa berarti kejadian, perkara baru, dan kotoran. Sedangkan menurut istilah artinya perubahan dari suci menjadi tidak suci akibat munculnya benda, keadaan atau perbuatan yang mengahalangi sahnya ibadah. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

“Allah tidak menerima salat seseorang di antara kamu apabila dia berhadas sehingga ia berwudu.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim). 

Jadi hadas adalah perkara penting yang menentukan sah dan tidaknya amal ibadah salat seorang hamba. Karena itu seorang yang hendak melaksanakan salat wajib hukumnya membersihkan hadas atau berwudu, meskipun hukum wudu itu sendiri sunat adanya. 

Macam-macam hadas 


Hadas dibedakan menjadi dua macam, ini ditinjau dari besar dan kecilnya hadas yang ditanggung oleh seseorang. 

1. Hadas besar 

Hadas besar ini disebabkan oleh beberapa perkara seperti bersenggama, keluar sperma, mimpi basah, haid dan nifas. Jadi dengan kata lain hadas besar ini tidaklah di tanggung kecuali oleh orang-orang yang disebutkan tadi yakni terjadi akibat keadaan junub. 

Hadas besar cara mensucikannya tidak cukup dengan melakukan wudu, tapi wajib bagi orang sedang berhadas besar itu untuk mensucikannya dengan mandi junub.

Allah Ta’ala berfirman: 

“.....dan jika kamu sekalian dalam keadaan junub maka bersucilah/mandilah”. (QS. Al-Maidah : 6). 

2. Hadas kecil 

Berbeda dengan hadas besar seperti yang telah kita sebutkan tadi, hadas kecil merupakan hadas biasa yang ditanggung oleh kebanyakan orang pada umumnya, karena bisa terjadi dengan mudah dan kapan saja akibat aktivitas manusia sepanjang hari. Hadas kecil ini terjadi karena kentut, sudah dari kamar kecil/kakus, bersentuhan antara wanita dan laki-laki yang bukan muhrim, menyentuh dzakar (kemaluan) dan bisa juga terjadi karena tidur. Tidur yang kita maksudkan di sini tidur yang sampai menghilangkan ingatan akan keadaan sekitar walaupun tidak pulas betul dan tidur tidak dalam keadaan duduk yang bisa menghalangi batalnya wudu. Untuk hadas kecil ini cara menyucikannya cukup dengan wudu. 

Pernah pada suatu ketika Abu Hurairah ra. ditanya oleh seseorang yang berasal dari Hadramaut. “Apa yang dimaksud dengan hadas wahai Abu Hurairah? Dia menjawab: yaitu kentut atau berak (termasuk kencing dan segala sesuatu yang keluar dari dua jalan kecuali mani/sperma”. (HR. Muttafaqun Alaih).


Komentar