Al-Ikhlas - Kenapa Disebut Surat Ikhlas?

Surat Al-IkhlasKenapa Disebut Surat Ikhlas?


Surat ini mampu menyelamatkan pembacanya dari segala kesulitan, baik urusan dunia atupun urusan akhirat, baik ketika sakaratul maut, ataupun kegelapan di dalam kubur dan macam-macam bahaya kelak di hari kiamat, itulah sebabnya disebut surat Ikhlas.

Banyak faedah dari membaca surat Ikhlas diantaranya:


1. Dari Anas bin Malik ra, Nabi saw bersabda: “Siapa membaca surat Ikhlas 1x, seolah-olah ia membaca AlQuran sepertiganya, membacanya 2x berarti dua pertiga AlQuran, dan siapa membaca surat Ikhlas 3x, seolah-olah ia membaca AlQuran seluruhnya. Dan siapa membacanya 10x, pasti Allah membangunkan untuknya sebuah gedung di sorga yang bahan/materialnya terdiri dari yakut/permata merah.”

2. Dimuat dalam suatu hadits: “Siapa membaca surat Ikhlas dalam melakukan shalat-shalat fardlu, maka Allah memberi ampun kepadanya, dan kepada kedua orang tuanya, serta menghapusnya dari buku catatan golongan orang yang celaka, bahkan dimasukkan dalam buku catatan orang-orang bahagia.” (Majelis).

3. Dari Ibnu Abbas ra, Nabi saw bersabda: “Adalah aku merasa khawatir terhadap siksa yang menimpa umatku di malam dan siang hari, hingga Jibril as. datang kepadaku dengan membawa surat Ikhlas. Maka aku pun tahu/merasa mantap bahwa Allah SWT tidak bakal menyiksa umatku, sesudah surat ini turun, sebab ia dinisbatkan kepada Allah. Dan siapa menentukan waktu membacanya secara rutin, maka bertaburlah pada kepalanya kebaikan dari langit, ketenteraman dan rahmat turun meliputinya, Allah memandang kepada pembacanya penuh ampunan yang abadi kepadanya. Dia tidak bakal menyiksa mulai itu, dan tiada memohon sesuatu kepada Allah, kecuali Dia memberinya.” (Tafsir Hanafi).

4. Diceritakan, bahwa Nabi saw tengah duduk di depan pintu Madinah, lalu ada jenazah diusung melintasinya. Tanya beliau saw: “Adakah ia punya hutang? Jawab mereka: “Ya, 4 dirham, sampai meninggal belum membayarnya.” Sabdanya: “Shalatilah ia, dan aku tidak menshalatinya sebelum hutangnya terbayar.”
Kemudian turunlah Jibril as sahutnya: “Ya Muhammad, Allah SWT menyampaikan salam buatmu, Dia berfirman: “Aku telah menyuruh Jibril menjelma bentuk manusia, dan ia telah membayarkan hutangnya.” Untuk itu, tegaklah menshalatinya, sebab ia sudah mendapat ampunan, siapa menshalati jenazahnya, maka Allah SWT mengampuninya.”

Selanjutnya, Nabi saw bertanya: “Hai Jibril, dari mana ia dapat karamah seperti ini? Jawabnya: “Dengan membaca surat Ikhlas 100x setiap harinya, sebab di dalam surat Ikhlas itu tersimpan uraian sifat-sifat Allah dan pujian kepada-Nya.”

5. Diceritakan, ada seorang pria mengadu kepada Nabi saw berkait dengan kefakiran yang melandanya. Lalu beliau saw bersabda: “Apabila masuk rumah, bacalah surat Ikhlas”. Pria itupun melaksanakannya, maka Allah SWT melapangkan rizki kepadanya.”

6. Nabi saw bersabda: “Siapa membaca surat Ikhlas di tengah-tengah menderita sakitnya hingga meninggal dunia, maka ia tidak bakal busuk tubuhnya di dalam kubur, dan bebas dari kesempitan kubur/dilapangkan kuburnya, dan para malaikat membawanya dengan sayap mereka hingga melintasi shirat menuju ke sorga.” (Demikian dalam Tadzkirah Al-Kurtubi, tapi disyaratkan membaca basmalah).


Demikianlah artikel yang berjudul 'Al-Ikhlas - Kenapa Disebut Surat Ikhlas?' semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.


Komentar