-->

KELEBIHAN HARI JUMAT

Kelebihan Hari Jumat


Dalam Islam, semua hari adalah baik. Tapi ada satu hari yang dianggap hari itu adalah hari terbaik dan memiliki keistimewaan serta nilai sejarah yang sangat panjang. Hari tersebut adalah hari Jum’at, hari Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dalam bahasa Arab, Jumu’ah yang berarti beramai-ramai, diambil dari tata cara ibadah kaum Muslim yang dilakukan pada hari ini.

Hari Jumat memang memiliki beberapa keutamaan di antaranya adalah kita umat Islam laki-laki khususnya diwajibkan untuk melakukan ibadah shalat Jum’at berjamaah di masjid pada waktu dzuhur. Selain itu, ada banyak lagi keutamaan serta keistimewaan hari Jumat yang harus Anda ketahui, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Hari Jum’at adalah Hari Terbaik

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: “Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga dan dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

2. Terdapat Waktu Mustajab untuk Berdoa


Abu Hurairah berkata Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Muttafaqun Alaih)

Ibnu Qayyim Al Jauziah – setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan: “Di antara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah Ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi.” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

3. Sedekah pada hari itu lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya


Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding pada bulan-bulan lainnya.”

Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

4. Hari tatkala Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga

Sehabat Anas bin Malik dalam mengonteri ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya.” (QS. 50: 35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.

5. Hari besar yang berulang setiap pekan


Ibnu Abbas berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Hari ini adalah hari besar yang Allah tetapkan bagi ummat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jum’at hendaklah mandi terlebih dahulu.” (HR. Ibnu Majah).

6. Hari dihapuskan dosa-dosa


Salman Al Farisi berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai dengan tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari).

7. Jalannya Orang yang Shalat Jumat adalah Pahala


Aus bin Aus berkata: Rasulullah bersabda: “siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju maskid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

8. Orang yang Wafat pada Malam atau Hari Jumat adalah Khusnul Khatimah


Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap muslim yang mati pada siang hari Jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

9. Hari Paling Utama di Dunia


Pada hari Jumat, ada beberapa peristiwa yang terjadi pada hari Jumat ini, antara lain:
  • Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya.
  • Hari Nabi Adam as., dimasukkan ke dalam surga.
  • Hari Nabi Adam as., diturunkan dari surga menuju bumi.
  • Hari akan terjadinya kiamat.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

Hari paling baik di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah akan mengabulkan permintaannya. (HR. Muslim).

Disqus Comments