Asbabul Nuzul dan Keutamaan Yaa Siin

Asbabul Nuzul dan Keutamaan Yaa Siin

Surat Yaa Siin terdiri-dari 83 ayat dan termasuk kelompok surat Makkiyah, kerena surat ini turun ketika Nabi Muhammad saw. berada di Kota Makkah. Adapun asbabul nuzul atau sebab turunya surat Yaa Siin ini adalah bermula dari perkataan orang-orang kafir yang mengatakan,

“Sesungguhnya Muhammad itu bukan seorang nabi dan rasul, melainkan anak yatim dari Abi Thalib. Dia tidak bersekolah (tempat belajar) dan tidak juga belajar ilmu dari mualim (pengajar), maka bagaimana dia menjadi seorang nabi?” Oleh sebab itulah orang-orang kafir tetap mengingkarinya.

Lalu Allah SWT Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang menurunkan surat Yaa Siin ini, dan bersaksi dengan Zat-Nya Yang Mahaagung atas kerasulan dan kenabian Muhammad dengan berfirman,

“Wahai Muhammad! Apabila orang-orang kafir mengingkari kerasulanmu, maka janganlah kamu bersedih hati karena hal itu. Aku bersaksi bahwa sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul.”

Keutamaan Surat Yaa Siin

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan surat Yaa Siin sebagaimana yang telah disampaikan oleh baginda Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam dalam beberapa hadis beliau.

1. Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya bagi setiap sesuatu ada hatinya, dan hati Alquran adalah Yaa Siin; dan barang siapa membacanya (sekali), niscaya Allah menuliskan baginya membaca Alquran sepuluh kali.”

2. Nab saw. juga bersabda, “Sesungguhnya Allah swt. telah membaca surat Yaa Siin dan Thaahaa sejak dua ribu tahun sebelum Dia menciptkan langit dan bumi.

Ketika mendengar hal itu, para malaikat berkata, “Berbahagialah umat Muhammad karena diturunkan kedua surat itu, berbahagialah bagi orang yang hafal kedua surat itu, dan berbahagialah orang yang membacanya.”

3. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Sesungguhnya ahli surga tidak membaca sesuatu dari Alquran kecuali surat-surat Thaahaa, Yaa Siin, dan Ar-Rahmaan.”

4. Sabda Nabi Muhammad saw, “Siapa saja, baik laki-laki muslim maupun perempuan muslim, yang ketika dalam keadaan sakratul maut dibacakan Yaa Siin di sampingnya, niscaya akan turun kepadanya (bersamaan dengan setiap huruf dari Yaa Siin) sepuluh malaikat yang berdiri berbaris di hadapannya seraya memohonkan rahmat baginya, memohonkan ampunan baginya, menyaksikan permandiannya, dan menghantarkan jenazahnya.”

5. Selanjutnya sabda Nabi Muhammad saw. atas keutamaan surat Yaa Siin ini adalah, “Perbanyaklah membaca surat ini, karena padanya terdapat kekhususan (khasiat) yang banyak.”

Dalam penjelasan hadis di atas dikatakan, “Sesungguhnya orang yang lapar apabila membaca Surat Yaa Siin disertai dengan hati yang khusyu, niscaya Allah mengenyangkannya sebagai anugerah-Nya. Bagi orang yang takut, maka dengan membacanya, niscaya Allah swt. akan menghilangkan kesedihan dan ketakutannya. Jika orang yang fakir membacanya, niscaya dia dibebaskan dari utangnya. Dan bagi orang yang mempunyai keperluan kemudian membacanya, niscaya Allah swt. akan memenuhi kebutuhannya. Barang siapa membacanya pada waktu pagi, niscaya dia berada dalam keamanan Allah swt. sampai waktu sore; dan di mana saj surat Yaa Siin dibaca atau ditafsirkan, niscaya Allah swt. melenyapkan dari mereka bencana, pailit, mahal, tha’un (pes), dan wabah penyakit, sebab adanya kemulian surat tersebut. Barang siapa membacanya pada waktu malam, niscaya dia berada dalam keamanan Allah swt, sampai waktu pagi. Apabila dibacakan kepada jenazah, niscaya dia diringankan dari siksa kuburnya jika dia termasuk orang yang disiksa, dan jika dia tidak termasuk, maka bacaan tersebut akan menambah kelegaan dan kesenangan di dalam kubur, karena sesungguhnya kubur itu dapat berubah menjadi taman surga atau jurang neraka.”

Demikianlah asbabul nuzul dan keutamaan Yaa Siin yang dapat kami hadirkan kepada para pembaca sekalian. Semoga ini menjadi amal shaleh dan semoga kita semua dapat mengamalkannya.


Komentar