Ibadah Adalah Hak Allah

Ibadah Adalah Hak Allah
Ibadah adalah hak Allah. Dalam sebuah hadis, Nabi saw. pernah bersabda kepada Mu'adz bin Jabal, "Wahai Mu'adz, apakah engkau tahu hak seorang hamba atas Allah?" Mu'adz menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui." Nabi saw. berkata, "Sesungguhnya hak Allah atas hamba-hamba-Nya adalah agar mereka menyembah-Nya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan hak seorang hamba atas Allah adalah tidak menyiksa orang-orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun."

Allah merupakan sumber kenikmatan, dan kewajiban seorang hamba adalah menunaikan segala kewajiban kepada-Nya. Jika seorang tidak menghiraukan kewajiban-kewajiban itu, maka ia layak mendapat siksa.

Beribadah merupakan kewajiban kita kepada Allah. Ibadah tidak hanya sebatas menunaikan kewajiban shalat, puasa, zakat, haji, dan berbagai kewajiban lainnya. Kewajiban ibadah meliputi seluruh perbuatan yang diridhai Allah seperti menganjurkan kebaikan, mencegah kemungkaran, berbudi pekerti baik, menolong yang teraniaya, melawan nafsu amarah, dan berbagai perbuatan baik lainnya. Berterima kasih atas kebaikan orang lain dan beribadah kepada Allah adalah hak yang wajib kita tunaikan, sesuai dengan kemampuan yang ada pada kita.


Komentar