Faktor-Faktor Pembentuk Kepribadian Remaja

Faktor-Faktor Pembentukan Kepribadian Remaja


Masa remaja merupakan masa perubahan dari masa kanak-kanak ke masa baliq (pra pertama kedewasaan), dimana pada saat ini seseorang mengalami perubahan yang tampak nyata baik yang terjadi pada fisik maupun pada mentalnya. Usia remaja pada umumnya berkisar antara 13 tahun sampai usia 18 tahun.

Faktor-Faktor Pembentukan Kepribadian Remaja

Perubahan ini tampak pada pertumbuhan badannya, tumbuhnya kumis, jambang, keluarnya mani dan jakun bagi laki-laki. Sedangkan pada wanita tampak pada pembentukan lekuk tubuh dan menstruasi. Dan pada umumnya mereka sudah mulai tertarik dan mengangankan lawan jenis.

Remaja dikenal sebagai masa-masa yang penuh semarak, penuh warna dan menyenangkan. Masa remaja juga masa labil dan rentan, mudah terpengaruh dan terbawa ke arah pergaulan negatif, sebab dorongan kuat yang ada pada diri mereka untuk mencoba-coba hal yang dianggap menyimpang oleh umum.

Lingkungan, media dan pergaulan berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian mereka. Kurangnya kontrol diri dan minimnya kematangan dalam berpikir menyebabkan para remaja ini sangat mudah terjun ke dalam pergaulan negatif.

Apalagi pada zaman sekarang, yang dikenal sebagai era teknologi dan era kebebasan berekspresi. Ketidaksiapan mental pada kebanyakan remaja, menyebabkan mereka bebas mengeksprsikan segala tingkah laku mereka.

Ekstasi, sabu-sabu, minuman keras, sex bebas dan sejenisnya sekarang ini sudah lagi bukan barang yang tabu (terlarang) dan langka bagi remaja. Barang-barang tersebut saat ini sangat mudah di dapatkan mereka, sebab para pengedar barang-barang terlarang ini menjadikan mereka sebagai target pasar yang sangat menguntungkan.

Di sinilah letaknya peran penting orang tua sebagai pemantau, pengawas dan pembimbing para anak muda belia ini agar terhindar dari yang namanya degradasi moral.

Kemerosotan moral ini harus dicegah sejak awal, karena akan menjadi hal yang buruk pada perkembangan mereka selanjutnya.

Hal ini adalah tanggung jawab penuh orang tua terhadap anak-anaknya untuk menjauhkan mereka dari akibat-akibat yang fatal di kemudian hari.

Dari uraian singkat di atas, secara sederhana kita dapat menyimpulkan faktor-faktor yang membentuk kepribadian remaja tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Faktor lingkungan orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman dekat, teman sekolah, dan juga pendidik di sekolah.

2. Faktor kelabilan jiwa yang cenderung mengalami perubahan sehingga remaja mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan dan mengarahkan berbagai kejiwaan pada dirinya.

3. Faktor eksternal yang sekarang serba boleh/permisif, seperti berubahnya nilai-nilai dalam masyarakat, tayangan dan informasi media yang tidak mendidik, gaya hidup yang menuju hedonisme, gaya hidup yang hanya  mengedepankan kesenangan dan materialisme, yaitu gaya hidup yang mengukur segala sesuatu dengan materi/uang.

Dengan mengetahui faktor pembentuk karakter para remaja ini, diharapkan para orang tua dapat lebih berhati-hati dalam memantau dan mengawasi pergaulan yang dilakukan oleh anak-anak mereka, serta dapat mengambil tindakan yang tepat apabila didapati anak-anak mereka mengalami kondisi dan perubahan mental seperti yang tidak biasanya.

Demikianlah pembahasan singkat kita tentang faktor-faktor yang yang membentuk kepribadian remaja. Insya Allah pada kesempatanya berikutnya kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang tema remaja ini. Jangan lupa baca juga Macam-macam Perbuatan Tercela dan Cara Menjauhinya.